Profil TPQ Nuur Huda
Jl. Prambanan - Manisrenggo Km 3 Kebondalem , Kebondalem Lor , Prambanan , Klaten Email : madinnuurhuda2016@gmail.com Telp : 08157909758 / 089659501113
SEJARAH SINGKAT TPQ NUUR HUDA
TPQ Nuur Huda Kebondalem Lor merupakan TPQ tertua di desa Kebondalem Lor. TPQ ini berdiri tahun 1992. Pada mulanya TPQ ini bertempat di mushola atau langgar (yang saat ini telah berubah menjadi Masjid), dengan kegiatan mengaji dimulai selepas sholat maghib, dengan waktu yang tak menentu , hal ini dikarenakan kurangnya ustadz / ustadzah dikala itu, serta banyak gejolak yang muncul masa silam.
Sejak saat itu TPQ Nuur Huda mulai menjadi tempat mengaji anak anak , dan remaja desa kebondalem Lor yang ingin memperdalam ilmu agama. Mulai tahun 2000an TPQ ini mengalami problem tentang kurangnya ustadz / ustadzah yang bersedia menjadi guru ngaji di TPQ ini , alhasil Kegiatan Mengaji di TPQ ini hanya berlangsung selama bulan suci Ramadhan saja. Akan tetapi , semua itu berubah ketika ada beberapa remaja ditahun 2002 yang bersatu dan bertujuan yang sama , yakni menghidupkan kembali TPQ Nuur Huda . Dengan Hasil TPQ Nuur Huda dapat berjalan sesuai dengan apa yang mereka harapan , mereka kemudian melebur menjadi satu dengan nama “IRMANDA” Ikatan Remaja Masjid Nuur Huda Organisasi TPQ Nuur Huda tahun 2002 - 2007. Organisasi ini vakum dari tahun 2007 – 2009 dikarenakan para ustadz / ustadzah mulai mengejar masa depannya ditanah perantauan. Kemudian di tahun 2009 sekelompok remaja mempunyai gagasan untuk menghidupkan kembali TPQ Nuur Huda , dengan hasil Nuur Huda menjadi TPQ Pelopor di desa Kebondalem lor . Mereka lalu bersatu mendirikan sebuah organisasi baru yakni “SABILUL MUSTAFA” yang aktif dari tahun 2009 – 2012.
Alhamdulillah TPQ NUUR HUDA masih tetap eksis dan selalu berusaha mengkualitaskan diri. TPQ Nuur Huda pada saat ini telah memiliki kurikulum baku. Meskipun demikian pengurus TPQ selalu berusaha meningkatkan kualitas pengelolaan dengan cara membuat kurikulum yang lebih baru dan berusaha mengikuti perkembangan jaman dimana pendidikan. Jumlah santri untuk tahun 2010 -2014 adalah sekitar 80 anak. , tahun 2015 - 2016 adalah sekitar 150 anak. Jumlah ustadz/ustadzah aktif/tidak aktif pada saat ini berjumlah kurang lebih 25 orang. Dengan pembagian kelas masing masing berdasar pada usia, TPQ Nuur Huda berlangsung pada hari Senin , Kamis dan Sabtu pukul 16.00 – 17.00 WIB.
Untuk tahun 2016 ini di TPQ Nuur Huda dibentuk organisasi masjid yang baru dengan nama “PIRAMIDA” Perserikatan Remaja Masjid Nuur Huda , dengan tugas menjalankan berbagai proker yang telah disepakati dan diadakan bersama dengan jumlah anggota 20 orang. Organisasi ini dibentuk karena organisasi organisasi sebelumnya telah lama Vakum , seperti Sabillul Mustafa dan ISAMAN. Oleh karenanya PIRAMIDA dibentuk dengan harapan mampu meneruskan perjuangan para pendahulu dalam rangka Jihad Fii Sabillillah.
Latar Belakang
Taman Pendidikan Al-Qur’an, baik yang dikenal dengan nama TKA, TKQ, TPA, TPQ, TQA dan bentuk lain yang sejenis, saat ini telah tersebar luas di Tanah Air. Penyebaran dan pembinaan lebih lanjut tidak lepas dari peran organisasi Lembaga Pembina, baik Lembaga tingkat lokal, regional maupun Lembaga Pembina yang terstruktur secara nasional. Selain itu, unit pendidikan model Taman Pendidikan Al-Qur’an didirikan pula di beberapa negara sahabat yang mempunyai jaringan fungsional dengan para aktifis di Indonesia.
Tingkat partisipasi masyarakat dalam mengembangkan Taman Pendidikan Al-Qur’an semakin tinggi. Akan tetapi kesemarakan berdirinya Taman Pendidikan Al-Qur’an yang jumlahnya melebihi angka 100.000 unit di seluruh Nusantara, tidak sedikit diantaranya yang dikelola secara asal-asalan, tanpa standar kurikulum, dan standar pengelolaan yang representatif.
Disinilah perlunya penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Pedoman ini diharapkan menjadi standar minimal dan rujukan bagi para pengelola unit Taman Pendidikan Al-Qur’an di seluruh Tanah Air, dan dikembangkan lebih lanjut oleh organisasi Lembaga Pembina masing-masing.
Dasar Pemikiran
Pentingnya Pedoman Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an (berikut TK Al-Qur’an dan TQA), disamping juga Panduan Kurikulum dan Sistem Pengajarannya, hal itu mengacu pada dasar pemikiran sebagai berikut:
1. Al-Qur’an adalah bacaan istimewa dan pedoman hidup utama yang harus disosialisasikan dengan baik ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya di kalangan anak usia dini.
2. Apresiasi masyarakat maupun pemerintah terhadap eksistensi Taman Pendidikan Al-Qur’an pada hakikatnya adalah karunia Allah yang wajib kita syukuri. Hal ini menuntut adanya kebersamaan yang kondusif diantara semua komponen terkait, disertai semangat pengabdian yang tinggi, dan keahlian yang memadai di kalangan para praktisinya .
3. Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah institusi pendidikan non-formal yang relatif baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Untuk itu upaya pembinaan dan pengembangannya memerlukan penanganan serius dan terarah pada pengelolaan serta standar lulusan yang terukur dan kualitatif.
Landasan Yuridis
Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an ditopang oleh landasan yuridis formal sebagai berikut :
1. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003.
2. SKB 2 Menteri (Mendagri dan Menteri Agama) Nomor 128 dan 44 A tahun 1982, tentang
“Usaha Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Huruf Al-Qur’an Bagi Umat Islam dalam rangka Peningkatan Penghayatan dan Pengamalan Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-hari”.
VISI, MISI, TUJUAN
VISI
“MEMBENTUK GENERASI QUR’ANI YANG CERDAS SPIRITUAL MAUPUN INTELEKTUAL DALAM RANGKA MEWUJUDKAN GENERASI RABBANI , BERMORAL, DAN BERKARAKTER YANG MENJADI CAHAYA BAGI LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI PEMIMPIN”
MISI
1. Menjalin Ukhwah Islamiyah
2. Syiar Agama dan sosialisasi yang tepat dan baik terhadap masyarakat
3. Meningkatkan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di masyarakat dalam melakukan program kerjanya.
4. Mencetak santriwan-santriwati yang tangguh, ulet , berkompeten dan disiplin melalui berbagai pembinaan dan bermacam kegiatan.
5. Membina santri untuk mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan memahami Ilmu Tajwid.
6. Membina santri untuk mampu dan rajin beribadah, Sholat , membaca Al Qur’an, Hafal surah pendek , do`a sehari hari serta hadist pilihan
7. Terbinanya suasana pendidikan yang dinamis yang melibatkan berbagai pihak, ustadz, satri dan orangtua.
8. Mencetak generasi yang islami, bermoral tinggi ,dermawan dan bersahaja
Menjadikan generasi penerus yang berkualitas, berakhlaqul karimah yang tinggi dan senantiasa mempunyai iman dan taqwa yang kokoh adalah tanggung jawab kita bersama. Kita sadari bahwa untuk mencapainya, tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun memerlukan keseriusan dan kegigihan dalam menanganinya. Pendidikan dan pengajaran yang islami merupakan alternatif yang baik dalam menjadikan anak yang berkualitas tersebut. Pendidikan islami perlu diberikan kepada anak sejak dini. Salah satu pengenalan pendidikan yang islami adalah melalui penyelenggaraan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ).
TUJUAN :
1. Mengoptimalkan pemberdayaan sumberdaya manusia dan warga masyarakat, serta untuk memberikan pelayanan warga demi terwujudnya Visi Misi dan Tujuan TPQ.
2. Membangkan dan mengoptimalkan manajemen partisipatif bagi warga masyarakat untuk menciptakan jama’ah yang kuat.
3. Meningkatkan prestasi santri melalui bimbingan belajar dalam kitab-kitab yang di kaji.
Profil TPQ Nuur Huda
Nama :
Taman Pendidikan Al-Qur’an Nuur Huda
Alamat :
Jln Prambanan - Manisrenggo Km 3 Kebondalem Lor
Kebondalem , Kebondalem Lor , Prambanan , Klaten , Jawa Tengah
E-mail :
madinnuurhuda2016@gmail.com
Logo :
Tempat Dan Waktu Kegiatan TPQ
Tempat : Masjid Nuur Huda Kebondalem Lor,
Jln. Manisrenggo Km. 3 , Kebondalem Lor, Prambanan , Klaten
Waktu : 16.00 – 17.00 Wib (Sore Hari)
Tadarus : 18.00 - 19.00 (setiap malam ahad)
Hari : Senin , Kamis dan Sabtu
ANALISIS SWOT TPQ NUUR HUDA
a. Strengh (kekuatan)
1. Memiliki sarana dan prasarana yang mendukung (ruang belajar dan masjid,Al Qur’an, Iqra; alat tulis, buku materi, hadroh, ustadz)
2. Memiliki dukungan yang luas dari berbagai pihak, takmir, dukuh dan masyarakat dusun.
3. Banyak orangtua murid yang mendukung adanya kegiatan TPQ.
4. Banyak santri-santriwan yang masih cukup bersemangat datang TPQ. Adanya sumber pendanaan dari infaq jariyah dan donatur.
b. Weakness (kelemahan)
1) Belum maksimalnya sumber daya pengajar yang ada baik secara kuantitas maupun kualitas.
2) Para ustadz sering kesulitan waktu.
c. Opportunity(peluang)
1. Para orangtua/masyarakat tsiqoh terhadap pengelola TPQ, sehingga pengurus mampu mengoptimalkan peran mereka untuk meningkatkan kinerja TKA- TPQ
2. Banyak donator-donatur yang bisa digaet di dusun kita maupun dari luar, fungsinya untuk meningkatkan sumber pendanaan TPQ
3. Banyak anak-anak yang masih belum ikut TPQ sehingga ada peluang untuk bisa diikutkan.
4. Banyak sumber daya ustadz dari kalangan pemuda yang bisa dipakai
5. Adanya kegiatan outbond dan permaianan serta jalan santai yang bagus untuk meningkatkan ukhuwah dan kafa’ah ustadz-ah.
d. Treat (ancaman)
l Beberapa santri sudah tidak berangkat TPQ lagi dengan berbagai alasan masing-masing
Standar Proses Pembelajaran
1. Pembelajaran TK/TP al-Qur’an dan TQA dilakukan melalui pendekatan klasikal dan privat;
2. Bahan ajar disesuaikan dengan kurikulum sesuai dengan tingkatannya;
3. Metode pembelajaran disesuaikan dengan usia perkembangan anak dengan memperhatikan prinsip ”bermain sambil belajar” atau ”belajar seraya bermain”;
4. Media pembelajaran hendaklah menarik dan menyenangkan anak, aman dan tidak membahayakan, memenuhi unsur keindahan dan kerapihan, dapat membangkitkan kreativitas anak, dan mendukung paket pengajaran yang diprogramkan
5. Penilaian mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dilakukan secara berkelanjutan
Strategi Program
1. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang bertaqwa ( muttaqqiin )
2. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang baik ( muhsiniin)
3. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang jujur, dan adil ( muqsithiin)
4. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang sabar, optimis, tabah, dan ulet dalam berusaha ( shaabiriin)
5. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang yang berusaha optimal sambil berserah diri ( mutawakkiliin)
6. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang yang selalu menyadari kesalahannya dan memohon maaf atas kesalahannya ( tawwaabiin )
7. Membimbing dan membina anak didik agar menjadi orang-orang yang senantiasa merawat jasmani dan rohaninnya agar tetap bersih ( mutathohhiriin )
8. Aktif menelusuri bakat anak (seni, kreativitas dan sains) kemudian mengikusertakannya pada perlombaan-perlombaan.
9. Menumbuhkan kepercayaan masyarakat (seutuhnya) terhadap TPQ
Program Aksi
a. Harian
1. Kegiatan belajar mengajar yang terukur dan ceria secara klasikal dan privat
2. Berdo’a sebelum dan sesudah mengaji
3. Hafalan juz ‘Amma, Do’a Harian, Hadist , Lagu Islami untuk membantu hafalan santri
b. Mingguan
1. Evaluasi kelas
2. Praktek Ibadah
3. Menggambar, Menulis Kaligrafi
4. Permainan
5. Tadarus Al Quran
6. Latihan Hadroh
c. Bulanan
1. Jalan Santai
2. Tadabbdur Alam
3. Outbond
d. Tahunan
1. Ujian kenaikan Jilid
2. Studi Banding ke Lembaga TPQ atau Lembaga Pendidikan Anak lainnya
3. Lomba Jasmani & Rohani Ramadhan
4. Takbir Keliling
5. Pawai Santri
6. FASI
7. Wisata Rohani
9. Temu Santri
10. Akhirussanah
11. Wisuda Santri
Management
1. Meningkatkan pengelolaan administrasi yang baik dan profesional;
2. Membuat buku Induk siswa dan alumni lengkap dengan foto dsb;
3. Membuat plang sebagai identitas TPQ Nuur Huda;
4. Membuat laporan perkembangan ( progress report ) kepada Komite dan lembaga-lembaga terkait.
5. Membuat laporan hasil belajar santri
Pendanaan
Sumber pendanaan TPQ Nuur Huda diupayakan melalui berbagai cara dan sumber, antara lain:
1. Infaq Santri;
2. Dana Masyarakat/Donatur
Target
1. Mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.
2. Mengetahui dasar-dasar hukum Islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Mampu menghafal surat-surat pendek dalam waktu yang cepat.
4. Melaksanakan ibadah sholat 5 waktu
5. Melaksanakan ibadah puasa ramadhan
6. Bermanfaat bagi orang lain.
Pelayanan / Humany
1. Menjalin hubungan baik dengan Guru, Orang tua, Masyarakat, Alumni,
2. Sebelum masuk kelas dibiasakan untuk mengambil air wudlu dahulu;
3. Memberikan ‘hadiah’/ apresiasi kepada anak berprestasi;
5. Mengadakan Kerja sama dengan masyarakat dalam berbagai hal menyangkut TPQ
6. Rekreasi sebagai ungkapan syukur atas kebesaran Allah dan mengenalkannya kepada anak.
Pembagian Kelas
Pembagian kelas TPQ Nuur Huda dibagi berdasarkan usia dan kelas masing masing santri di sekolah umum. Seperti Berikut beserta Wali kelasnya :
Kelas Paud, Tk, dan kelas 1 : Sekar S.R
Kelas 2 : Alif Budi
Kelas 3 : Fitriani Rokhimah
Kelas 4 : Fatimah R
Kelas 5, 6 : Andi Setiyawan
SMP, Al Qur`an : Tukidjo
Staf Pengajar Masing Masing Kelas
Kelas Paud, Tk, dan kelas 1 : Dewi Astri, Sekar S.R, Febri W, Putra ,
Kelas 2 : Alif Budi , Tamara W
Kelas 3 : Fitriani Rokhimah, Zahra
Kelas 4 : Fatimah R, Ana , Priharti
Kelas 5, 6 : Andi Setiyawan, Atsyah
SMP, Al Qur`an : Tukidjo, Sarmin Abu Hasan ,S.Ag, Widodo ,S.Pd
Lampiran Foto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar